Mobil mungil Tata Nano yang mulai
dipasarkan di Indonesia awal tahun depan dikabarkan akan lebih mahal dari harga
jual di India dan Thailand. Unit CBU dan varian paling tinggi menjadi alasan PT
Tata Motors Indonesia (TMI) menciptakan perbedaan harga.
Mobil murah nan mungil ini sempat
digadang-gadang dijual dalam kisaran harga Rp 30 juta di Indonesia (di India
sekitar Rp 23 juta). Boleh jadi bila dipasarkan di Indonesia Tata Nano harganya
melambung jadi Rp 50 juta.
"Spesifikasi yang dijual di
Indonesia, Makassa paling tinggi. Pastinya harga di Indonesia lebih tinggi daripada di
India. Mengenai apakah Rp 40-50 juta atau harga pastinya saya belum bisa ungkap
sekarang karena kita masih menentukan ini (Tata Nano) masuk ke segmen
mana," ujar Apong Afriansyah, Deputy General Manager Head Marketing PT
Tata Motors Indonesia (TMI) di sela-sela jumpa pers IIMS di Jakarta Kamis
kemarin.
Menurut Apong, selain karena faktor
impor dari India dan spesifikasi, harga juga ditentukan segmentasi kendaraan.
"Banyak faktor yang mempengaruhi harga dan apakah konsumen dapat menerima
harga yang kita tawarkan di bawah Rp 100 juta? Pastinya kita riset harga dulu
karena kami (Tata Motors) serius masuk pasar Indonesia," tukasnya.
Beberapa waktu lalu TMI kedapatan
telah melakukan uji jalan Tata Nano di kawasan Bukit Sentul Bogor untuk melihat
kecocokan dengan kondisi jalan Tanah Air. "Memang kami sudah tes untuk
melihat kecocokan dengan medan jalan di Indonesia," ungkap Apong.
Sebelumnya ramai diberitakan TMI
bakal menjual mobil murah Nano dengan harga Rp 30 jutaan. Tata Nano
disegmentasikan untuk pengguna motor yang ingin beralih memakai mobil murah.
Untuk Indonesia, kabarnya TMI
menawarkan 3 tipe, yakni Nano standar tanpa AC dan power window, Nano CX
(dilengkapi AC), dan varian tertinggi LX.
Berikut spesifikasi Tata Nano:
Dimensi
Panjang keseluruhan 3.099 mm
Lebar 1.495 mm
Tinggi 1.652 mm
Wheelbase 2.230 mm
Ground clearance 180 mm
Kapasitas 4 orang
Berat 600-635 kg
Mesin
Tipe: 624 cc, 2 silinder, MPFI
Daya maksimum 35 hp pada 5.200 RPM
Torsi maksimum 48 Nm pada 3.000-3.500
RPM
Kecepatan maksimum 105 km/h
Konsumsi BBM 23,6 km per liter
Suspensi
Depan Independent, lower wishbone,
McPherson Strut
Belakang, Independent, Semi Trailing
arm with coil spring
Ban
Ukuran ban depan 135/70 R 12
Ukuran ban belakang 155/65 R 12
kalo 50 jt on the road mah.. mihil bingitsss!!!
ReplyDelete